Sabtu, 24 Agustus 2013

egoisme di balik topeng cinta; cikal bakal rusaknya relasi persaudaraan



egoisme di balik topeng cinta;
cikal bakal rusaknya relasi persaudaraan

Sentilan Awal
            Cinta tidak sekedar kata penghias bibir manakala terucap manis dari mulut seseorang “I Love You” kepada kekasihnya, sahabat, teman, orang tua ataupun kepada Allah sendiri, melainkan cinta juga merupakan suatu daya perasaan yang mampu menciptakan kemungkinan lahirnya suatu relasi atau persekutuan antar manusia. Seperti yang pernah dikatakan oleh Erich Fromm, bahwa cinta merupakan suatu daya yang aktif dalam diri manusia yaitu suatu daya yang aktif dalam diri manusia, yaitu suatu daya yang mendobrak dinding pemisah antara seorang individu dengan orang lain, sekaligus yang mempersatukan keduanya. Persoalannya, bagaimana cinta itu dipahami manakala telah dicemari oleh kepentingan diri yang ekstrem (egoisme), sehingga cinta tidak hanya dialami sebagai sesuatu yang menggairahkan dan membahagiakan, melainkan sebaliknya sebagai sesuatu yang menjengkelkan dan merusak.
            Gagasan dalam tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menguraikan apa itu cinta, melainkan menghadirkan suatu pendapat yang sedikit mengkritisi realitas pergaulan kita dalam membangun kebersamaan yang tak jarang dibangun atas dasar manipulasi, yang disadari atau tidak bersumber pada egosime kita.
Egoisme; Sebuah Pemiskinan Terhadap Diri
            Sudah lazim orang menyamakan egosime dengan cinta diri sendiri sehingga orang yang cinta terhadap dirinya sendiri dipandang sebagai orang yang egois. Berangkat dari hal ini, muncul suatu pertanyaan, “Apakah dengan demikian cinta diri dipandang sebagai suatu penyimpangan? Lalu bagaimana hal ini dipahami apabila dikonfrontasikan dengan seruan Injil, cintailah sesamamu sama seperti engkau mencintai dirimu sendiri?”
            Nampak dalam Injil, cinta terhadap diri sendiri merupakan paradigma terhadap cinta sesama. Ini berarti, cinta terhadap diri sendiri bukanlah sebuah penyimpangan karena dibangun diatas suatu kebenaran bahwa mencintai sesama merupakan suatu kebajikan dengan alasan bahwa diri (saya) juga adalah manusia. Hal ini diperkuat oleh kebenaran bahwa tidak ada konsep tentang manusia, dimana saya sendiri tidak termasuk di dalamnya. Karena itu, cinta kepada diri selalu dibarengi dengan cinta kepada sesama. Dengannya egoisme diperlawankan dengan cinta diri, dimana egoisme lebih dipahami sebagai suatu sikap yang rakus terhadap orang lain, dalam arti bahwa orang yang egois hanya senang untuk menerima ketimbang memberi, sehingga orang yang egois adalah orang yang tidak mampu “membagikan dirinya” kepada orang lain. Dalam arti seperti ini, orang yang egois dapat dikatakan sebagai orang yang miskin, tidak produktif dan tidak mampu mewujudkan potensi dirinya, sehingga orang egois merupakan diri yang kosong dan jiwa yang hampa sebab tidak ada kecukupan di dalam dirinya. Berdasarkan hal diatas, maka orang yang egois tidak mampu membangun persahabatan sejati dengan orang lain, sebaliknya tidak ada keuntungan yang besar yang dapat diperoleh dalam relasi dengan orang egois.
            Hal ini dibenarkan dalam realitas yang merupakan suatu kepastian bahwa orang yang egois tak jarang diasingkan oleh sesamanya karena dilihat sebagai parasit kehidupan. Persoalannya sekarang adalah apakah orang yang egois tidak dapat mencintai dan membangun persahabatan dengan sesamanya? Tidak dapat disangkali bahwa orang yang egois pun mampu mencintai dan mampu membangun persahabatan, namun cinta dan persahabatannya merupakan suatu manipulasi dari egoismenya sehingga dapat dipastikan tidak dapat terwujud cinta dan persahabatan yang sejati.
Egoisme di Balik Topeng Persahabatan
            Dalam pengalaman kita baik lansung ataupun tidak, muncul banyak aksi protes karena banyaknya lulusan tes CPNS yang diklaim sebagai lulusan tidak secara obyektif melainkan karena hubungan subyektif yang dibangunnya dengan orang-orang yang dapat menjamin ataupun yang dapat merekayasa kelulusan. Banyak orang pula yang memperoleh pekerjaan secara gampang karena memiliki sahabat atau kenalannya, tak jarang pula administrasi dapat diurus dengan lancer apabila kita memiliki kenalan dalam suatu instansi, kantor dan lain sebagainya. Singkatnya, banyak urusan dapat beres berkat bantuan dari sahabat atau kenalan kita.
            Beberapa contoh di atas menggambarkan paling kurang penyimpangan yang sedang terjadi dalam menghayati relasi persahabatan sekarang ini. Praktek atau kebiasaan semacam itu membangkitkan suatu pertanyaan mendasar; sungguhkah ini yang dipahami sebagai makna atau tujuan dari persahabatan? Jika jawabannya demikian, maka hemat saya persahabatan hanya dijadikan sebagai batu loncatan untuk memperoleh kemudahan, dan hal ini dibenarkan oleh realitas,
            Hubungan persahabatan yang terjadi antar manusia kerap dikondisikan oleh kepentingan pribadi. Terhadap hal ini, filsuf klasik Aristoteles telah memberikan kontribusi pemikiran yang cukup berarti bagi kita dalam mengkritisi relasi persahabatan yang dangkal yang terjadi dalam dunia kontemporer ini. Baginya persahabatan yang demikian merupakan persahabatan yang kebetulan, dimana orang bersahabat dengan orang lain demi kesenangan atau keuntungan yang dapat diperolehnya dari relasi itu. Dengan demikian, sudah dapat kita pastikan bahwa obyek cintanya bukan pada pribadi melainkan keuntungan dan kesenangan yang diperolehnya. Sikap seperti ini menunjukkan kualitas persahabatan yang dibangun atas dasar relasi personal, melainkan relasi ekonomis dengan semboyannya: “He becomes my friend because he can gives me something”, sehingga sahabat dari orang-orang ini bukan diri temannya per se (apa adanya), melainkan apa yang dapat diberikan oleh temannya. Karena itu, persahabatan jenis ini hanya berlangsung selama seseorang menguntungkan dan menyenangkan.
            Model persahabatan ini hemat saya paling berkembang dalam kehidupan komunitas maupun masyarakat kita sekarang ini, yang mana tidak kita sadari telah mendorong rasa persaudaraan dan kesatuan kita. Akibatnya lahir sikap pasif dan matinya daya kreatifitas, karena masing-masing individu lebih mementingkan dirinya sendiri. Disinilah egoisme merongrong keutuhan hidup sebuah komunitas.
Egoisme dalam Relasi dengan Allah
            Penghayatan relasi yang salah semacam itu pun telah merasuk dalam kehidupan spiritual, dimana telah membentuk pola laku seseorang dalam membangun relasinya dengan Tuhan. Semangat persahabatan yang didasarkan pada keuntungan dan kesenangan tidak saja terjadi dalam relasi antar manusia, melainkan juga relasi manusia dengan Tuhannya. Tuhan tidak lagi diimani sebagai Tuhan menurut hakekat-Nya, melainkan mereduksi Tuhan sekedar sebagai “penghibur”. Akibatnya, ketika manusia telah mendapatkan penghiburan ala duniawi, ia perlahan-lahan melupakan Tuhan. Tuhan hanya diingatnya manakala ia tertimpa kemalangan dan dukacita, sehingga Tuhan hanya dijadikan sebagai pelipur lara. Bukankah semangat ini yang sedang merongrong kehidupan spiritual kita? Pertanyaan ini tidak sekedar sebuah pertanyaan reflektif tapi sekaligus sebuah afirmasi terhadap kenyataan yang sedang terjadi, walau tidak kasat mata.
            Akhirnya, perlu kita sadari bahwa semua itu berakar dari egoism yang tak teratasi. Akibatnya membentuk pola laku kita yang salah dalam menghayati sebuah relasi dengan sesama dan Tuhan. Hal ini hanya dapat diatasi manakala seseorang berani untuk keluar dari kungkungan egoismenya dengan belajar membuka diri bagi orang lain. Dengannya saya yakin orang akan mampu mencintai dengan tulus dan mampu membangun persahabatan yang sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar