Minggu, 29 April 2012

FALSAFAH LIMA JARI


FALSAFAH LIMA JARI
            Seperti kita ketahui bersama bahwa sebagian besar manusia memiliki dua tangan dan setiap tangan memiliki 5 jari yang berbeda. Namanya pun berbeda-beda sesuai dengan bentuk dan fungsinya.
1.      Jempol: paling gemuk diantara jari yang lain, juga mungkin paling jelek. Tempatnya pun paling jauh dengan jari yang lain. Namun dia paling senang memuji!
2.      Telunjuk: mungkin dia yang paling rewel diantara yang lain. Suka bertanya-tanya tetapi juga suka marah-marah, membuat yang lain menjadi sakit hati.
3.      Jari tengah: paling tinggi diantara yang lain, tempatnya pun ditengah (suka mengawasi yang lain?) Ternyata dia senang mengejek yang lain….(dengan hanya menjulurkan jari tengah?)
4.      Jari manis: ini dia…yang pendiam, rajin, jarang menonjolkan diri sehingga suka diberi hadiah…cincin.
5.      Kelingking: paling kecil diantara yang lain, tidak pemarah, maka dia adalah pemaaf. (waktu kecil ketika berbaikan, kita suka saling menggandengkan kelingking).

Dari kelima karakter tadi, ternyata kalau bekerjasama akan dapat berbuat sesuatu yang baik dan berguna, misalnya menulis, makan, bekerja dan lain-lain bukan melakukan yang tidak baik. Bayangkan kalau jari kita semuanya jempol..meskipun semuanya akan senang memuji, atau semuanya telunjuk….yang kelima-limanya akan sering marah-marah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar